SOBAT MINISTRY

Petikan ayat hari ini

Minggu, 22 Oktober 2017
Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barang siapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih. I Yohanes 4:7,8

Berita Sahabat

LANSIA HARUS TETAP BERGAIRAH

30 November 2010

old_couple_on_beach_001.jpgOrang lanjut usia (Lansia) harus tetap bergairah untuk hidup. Ketuaan harus dainggap sebagai hal alamiah yang berlangsung wajar, namun penuh tantangan dan perubahan. Demikian diungkapkan praktisi masalah Lansia, dr Wahyu Murodion, SKM.

Praktisi masalah Lansia dr Murodion, Sp. Gen. di Semarang, belum lama ini mengatakan dalam struktur keluarga di Indonesia umumnya terdapat kelompok lansia. Hal itu disebabkan pola patrilineal dan extended family. "Kita minta para Lansia untuk tidak turun gairah hidupnya. Jangan merasa dirinya Lansia lalu tidak mau bergairah hidup sehat," katanya.  Ia mengatakan, jumlah kelompok Lansia di Indonesia terus bertambah seiring dengan meningkatnya umur harapan hidup.

Dalam keluarga, kata dia, kakek dan nenek mempunyai peranan sangat penting sebagai warga tertua yang penuh pengalaman dan kebijakan. Namun tidak jarang mereka merasa tak dibutuhkan lagi. Mungkin karena anak-anaknya sudah dewasa atau karena memasuki masa pensiun, sehingga merasa kehilangan kesibukan, kewenangan, dan kehormatan yang dulu dimilikinya. Keadaan ini dapat mempengaruhi kesehatan maupun mentalnya, kata dia.

"Sebenarnya ketuaan bukan suatu penyakit, karena hal ini merupakan siklus alamiah seperti anak menjadi remaja, selanjutnya orang dewasa menjadi Lansia," kata dia. Untuk itu, katanya, setiap anggota masyarakat seharusnya mempunyai kepedulian untuk memberikan perlindungan kepada lansia dalam lingkungannya sesuai nilai-nilai sosial yang berlaku. Bahkan, Lansia perlu memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu secara menyeluruh yang meliputi upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

Selain itu, kata dia, Lansia memperoleh perlindungan hukum melalui UU dan peraturan-peraturan yang menunjang kesehatan mereka, serta memperoleh sarana maupun fasilitas khusus bagi lansia di tempat umum.(Iis)

Sumber: Majalah Cakrawala



Berita Sahabat Lainnya

Selengkapnya..


Kirim komentar